Pages

Labels

Sunday, July 27, 2014

MCA-Indonesia Siapkan Laporan Kinerja




Unit Pelaksana Program (UPP) MCA-Indonesia telah beroperasi lebih dari setahun sejak surat implementasi Entry into Force (EIF) ditandatangani pada 2 April 2012 lalu. Telah banyak kinerja, waktu dan dana yang dikeluarkan untuk mengawal dan mengemban amanat implementasi Hibah Compact di Indonesia. Berbekal semangat transparansi dalam lingkup Lembaga Wali Amanat (trust fund), maka Pemerintah Indonesia diwakili oleh Bappenas bersama UPP MCA-Indonesia menyusun sebuah draft laporan kinerja LWA MCA-Indonesia untuk periode bulanan dan triwulanan. Bertempat di Kantor MCA-Indonesia, Senin (21/7/2014), agenda rapat kali ini menuntaskan sebuah kesepahaman mengenai isi dan lingkup laporan kinerja yang akan dituangkan dalam laporan publik. 



Rapat yang dipimpin langsung oleh Direktur Eksekutif MCA-Indonesia, J.W. Saputro, menegaskan pentingnya laporan ini dibuat sebagai bentuk pertanggungjawaban publik terhadap dana yang digunakan. Hal ini diamini oleh PPK satker Pengelola Hibah MCC, Hari Kristijo yang mengungkapkan bahwa telah banyak capaian yang diraih oleh MCA-Indonesia dan hal ini perlu diketahui oleh publik. Rapat ini juga diikuti oleh Inspektur Utama Bappenas, Slamet Soedarsono dan Inspektur Bidang Administrasi Umum Bappenas, Darianto. “Pihak Pemerintah juga memerlukan laporan singkat terhadap capaian yang diraih oleh MCA-Indonesia sebagai sebuah pegangan yang akan dikomunikasikan dengan pemangku kepentingan lain yang menanyakan mengenai status Proyek Hibah Compact MCC” ujar Slamet dalam rapat yang berlangsung selama kurang lebih 3 jam tersebut.


Laporan kinerja yang akan disusun sendiri akan bersifat laporan singkat yang memuat serapan hibah, pencapaian target dan rencana kerja. Format laporan sendiri akan didalami lebih lanjut oleh Tim Monitoring dan Evaluasi MCA-Indonesia beserta dengan seluruh program yang ada didalamnya. Dengan banyaknya program dan rencana kerja yang ada, tentu merupakan kesulitan tersendiri untuk dapat meramu dalam 2-3 lembar laporan singkat yang padat dan tetap informatif. Mari kita tunggu bersama laporan yang akan disusun ini. (MA)

No comments:

Post a Comment