Pages

Labels

Wednesday, June 17, 2015

Semakin Banyak Senyum dari Petani Kakao di Flores



Sejak 5 tahunan yang lalu, Pak Hamid mulai serius menekuni pertanian kakao. Semangatnya ini juga yang kemudian mengantarnya mengeyam pendidikan mengenai kakao setahun di Sulawesi Barat (Polewali Mandar). Dengan tekun, Pak Hamid berhasil menguasai ilmu pembibitan Kakao. Semangat dan pengalamannya ini kemudian di tularkan kepada petani lain sehingga ia telah berhasil mengembangkan entries(ruas batang kakao untuk sambung samping) untuk ia bagikan kapada rekan sesame petani.

‘bertani kakao jauh lebih menguntungkan dan dapat dijadikan sebagai sumber andalan pendapatan keluarga dibandingkan komoditas perkebunan lain yang ad disini’ Hamid membuka perbincangan di kebun percontohan miliknya di desa Ndetuzea, Kecamatan Nangapanda, Kabupaten Ende. Hamid memiliki tanah seluas 1 hektar dan umumnya semua adalah bekas tanaman kelapa penghasil kopra. ‘dibandingkan dengan usaha kopra, berkebun kakao lebih murah dan semua bias ditangani sendiri. Kalau kopra, biaya akan keluar selama masa pemetikan, pengupasan dan penjemuran. Semua biaya yang tidak sedikit’ imbuh Hamid.

Sejak berkonsentrasi di bidang kakao, Hamid telah mengecap manisnya usaha ini dibandingkan dengan rekan sejawatnya sesame petani. ‘anak saya yang sulung sekarang sudah jadi guru di Mataram (Nusa Tenggara Barat) karena lulus sarjana di Universitas Mataram’ ujar Hamid penuh bangga.

Pelatihan dan pendampingan dari fasilitator LSM Yayasan Tananua dan Veco Indonesia memberikan banyak pencerahan untuk usahanya. Pendampingan mulai dari pembenihan, perawatan, hingga pasca panen semuanya dilakukan oleh para fasilitator di semua desa binaan. Munculnya asosiasi petani kakai juga memberikan ruang gerak yang cukup bagi petani untuk ikut serta dalam mengendalikan harga, tertutama saat panen raya. Hamid mengharapkan dengan adanya pola hibah seperti yang tengah digulirkan oleh MCA-Indonesia, akan lebih banyak senyum dari para petani kakao di Flores dan dapat menggantungkan hidup sepenuhnya kepada komoditas kakao. (MA).


1 comment:

  1. SOLUSI MUDAH, CEPAT LUNASI UTANG ANDA, TANPA PERLU RITUAL, WIRIDAN, PUASA DLL. Anda tak perlu ragu harus tertipu dan dikejar hutang lagi, Kini saya berbagi pengalaman sudah saya rasakan dan buktikan, Atas bantuan pak ustad Insyaallah dengan bantuan dana hibah ghaibnya, semua masalah Ekonomi dan hutang saya terselesaikan dengan cepat. untuk konsultasi tata caranya silahkan >>>>>>>>KLIK SOLUSI TEPAT DISINI<<<<<<<<< karna nmr hp pak ustad tdak bisa di publikasikan sembarangan. terima kasih...

    ReplyDelete