Pages

Labels

Tuesday, March 4, 2014

Cantiknya Kota Tobelo dan Danau Galela



Tobelo adalah sebuah kota di ujung Pulau Halmahera persisnya masuk dalam wilayah Provinsi Maluku Utara. Ukurannya kecil bila dibandingkan kota-kota di Pulau Jawa. Ia tak lebih besar dari sebuah real estate di Jakarta. Kota Tobelo dapat dijangkau dengan mudah dari Manado, Sulawesi Utara, langsung dengan menggunakan pesawat Merpati Airlines dan mendarat di daerah Kao, sekitar satu jam dari Kota Tobelo.

Teluk Kao tempat Kota Tobelo berada, pada zaman Perang Dunia II menjadi pangkalan armada laut Jepang. Laut di sekelilingnya terbilang dalam. Pada zaman perang dahulu, lebih dari 2.000 kapal perang hilir mudik di sini. Sebagian besar ditenggelamkan oleh pesawat terbang Amerika. Ada beberapa haluan kapal masih terlihat di Teluk Kao. Jepang juga membangun lapangan terbang besar dengan tujuh landasan. Kini Kota Tobelo menjadi ibukota Kabupaten Halmahera Utara. 


Di Kota Tobelo terdapat beberapa hotel sederhana yang terbilang nyaman. Kota Tobelo dapat dijadikan alternatif tujuan wisata yang menarik di mana laut sepemandangan mata luas terbentang, pegunungan yang kokoh menyejukkan hati dan kaya akan nilai sejarah. Tidak lengkap rasanya bila tidak mencoba nasi kuning yang lezat lengkap dengan ikan tongkol. Bila kita mengunjungi pasar tradisional di kota ini, akan terlihat buah pisang yang ranum menggugah selera. Komoditas sayuran dan buah-buahan yang diperdagangkan di pasar didatangkan dari Galela, bagian utara Kota Tobelo. Penduduk di Kota Tobelo dan Galela menganut agama Islam dan Kristen. Bila berkunjung ke daerah ini, akan didapati ‘Kampung Islam’ dan ‘Kampung Kristen’ berselang-seling. 


DANAU GALELA


Danau Galela merupakan danau yang berada di Galela, Kabupaten Halmahera. Danau yang sering disebut dengan Telaga Biru ini mempunyai luas sekitar 250 hektar dan merupakan danau terbesar yang ada di Pulau Halmahera. Nama Telaga Biru memang cocok disandingkan untuk danau ini, karena objek wisata yang cantik ini memiliki air yang biru jernih dengan pantulan cahaya matahari yang indah. Telaga Biru terletak di sebelah utara Kota Tobelo, jaraknya kurang lebih 25 km dari pusat kota. Untuk mencapai Danau Galela dari Kota Tobelo, dapat ditempuh sekitar 30 menit menggunakan kendaraan bermotor atau sekitar 1 jam menggunakan speed boat.

Menurut legenda, zaman dahulu para bidadari turun dari khayangan dan mandi di Telaga Biru ini. Tidak dapat ditampik kecantikan danau ini yang selalu menampilkan ketenangan bagi siapa saja yang memandangnya. Keindahan Danau Galela ditunjang dengan areal sekitar yang bersih dan asri. Hal tersebut terjadi bukan karena pengelola yang rajin membersihkannya setiap saat, tetapi karena air danau yang "menolaknya". Setiap daun yang jatuh ke permukaan air, selalu hanyut lagi ke tepian sehingga membuat telaga tetap bersih terjaga.


Sumber : www.planerhalut.blogspot.com, www.halmaherautara.com



Paska Rina Tarigan
Koordinator Administrasi Keuangan 

2 comments:

  1. ,,.,KISAH NYATA ,,,,,,,
    Aslamu alaikum wr wb..Allahu Akbar, Allahu akbar, Allahu akbar
    Bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki, namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang, hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yng saya punya, akhirnya saya menaggung utang ke pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 800 juta , saya stress dan hamper bunuh diri anak saya 2 orng masih sekolah di smp dan sma, istri saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anakanaknya ditengah tagihan utang yg menumpuk, demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue, ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya, dulu katanya dia juga seperti saya stelah bergabung dengan KI JAMBRONG hidupnya kembali sukses, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir dan melihat langsung hasilnya, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KI JAMBRONG di No 0853-1712-1219. Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Demi AllAH dan anak saya, akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kini saya kembali sukses terimaksih KI JAMBRONG saya tidak akan melupakan jasa AKI. JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT, YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH, SAYA SUDAH BUKTIKAN DEMI ALLAH SILAHKAN HUB KI JAMBRONG DI 0853-1712-1219. (TANPA TUMBAL/AMAN).
    '][

    ReplyDelete
    Replies
    1. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis
      sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
      kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
      Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
      1M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
      melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
      dengan KYAI SOLEH PATI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari
      saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI SOLEH PATI
      kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
      penarikan uang gaib 4Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
      dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 4M yang saya
      minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
      buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
      Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
      sering menyarankan untuk menghubungi KYAI SOLEH PATI Di Tlp 0852-2589-0869
      Atau Kunjungi Situs KYAI www.pesugihan-uang-gaib.blogspot.co.id/ agar di
      berikan arahan. Supaya tidak langsung datang ke jawa timur, saya sendiri dulu
      hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sangat baik, jika ingin
      seperti saya coba hubungi KYAI SOLEH PATI pasti akan di bantu Oleh Beliau

      Delete