Pages

Labels

Friday, November 15, 2013

DEWI KWAN IM, SANG DEWI WELAS ASIH





Berdasarkan berbagai literatur, Dewi Kwan Im  adalah penjelmaan Budha Welas Asih di Asia Timur. Kwan Im sendiri adalah dialek Hokkian dan hakka yang dipergunakan mayoritas komunitas Tionghoa di Indonesia. Nama lengkap dari Kwan Im adalah Kwan She Im Phosat yang merupakan terjemahan dari nama aslinya dalam bahasa Sanskerta, Avalokiteśvara. Valokita (Kwan / Guan / Kwan Si / Guan Shi) yang bermakna “Melihat ke bawah atau Mendengarkan ke bawah”. Bawah di sini bermakna ke dunia, yang merupakan suatu alam (lokita). Svara (Im/Yin) berarti suara, yaitu suara dari makhluk-makhluk yang menjerit atas penderitaan yang dialaminya. Oleh karena itu, Kwan Im adalah Bodhisatva yang melambangkan kewelas-asihan dan penyayang.

Dalam bahasa Jepang, Kwan Im disebut Kannon atau secara resmi Kanzeon. Dalam bahasa Korea disebut Gwan-eum atau Gwanse-eum, dan dalam bahasa Vietnam Quán Âm atau Quan Thế Âm Bồ Tát.

Awalokiteswara sendiri asalnya digambarkan berwujud laki-laki di India, begitu pula pada masa menjelang dan selama Dinasti Tang (tahun 618-907). Namun pada  awal Dinasti Song (960-1279), berkisar pada abad ke 11, beberapa dari pengikut melihatnya sebagai sosok wanita yang kemudian digambarkan dalam para seniman. Perwujudan Kwan Im sebagai sosok wanita lebih jelas pada masa Dinasti Yuan (1206-1368). Sejak masa Dinasti Ming, atau berkisar pada abad ke 15, Kwan Im secara menyeluruh dikenal sebagai wanita. 

Kwan Im terbesar di Asia Tenggara

Patung Dewi Kwan Im juga tersebar di seluruh nusantara. Selain di Pulau Batam, juga terdapat di Klenteng Vihara Avalokitesvara yang terletak di Kota Pematang Siantar, Sumatera Utara. Banyak sekali, wisatawan dari berbagai penjuru Indonesia melakukan ibadah dan wisata religius. Keunikan dari klenteng tersebut yaitu terdapat patung Dewi Kwan Im setinggi 22,8 meter, dan merupakan yang tertinggi di Indonesia dan Asia Tenggara.

 

Sebelumnya, patung Dewi Kwan Im di Batam telah memecahkan rekor MURI pada tahun 2004 untuk patung Dewi Kwan Im tertinggi yang mencapai 22,3 m dan berat 112 Ton serta biaya pembuatan hingga 1 milyar. Menurut penjaga kawasan, batu giok di kening Patung Dewi Kwan Im ini didatangkan langsung dari Cina (HK/MA).


Sumber : Wikipedia





No comments:

Post a Comment