Pages

Labels

Wednesday, January 22, 2014

Satker Pengelola Hibah MCC Siap Mengawal Program Hibah Compact



Tahun 2014 diawali dengan rapat kerja MCA-Indonesia dalam rangka konsolidasi dan sinkronisasi perumusan langkah strategis hingga 4 tahun ke depan. Acara ini dilaksanakan di Hotel Ibis Tamarin Jakarta, 15-17 Januari 2014 yang langsung dipimpin oleh Direktur Eksekutif MCA-Indonesia, J.W Saputro. Seluruh staf, konsultan MCA-Indonesia, MCC dan Satker Pengelola Hibah MCC hadir dalam acara tersebut.


Workshop tersebut memperkenalkan semua program yang ada beserta rencana implementasi, termasuk rencana pengadaan yang akan dilakukan MCA-Indonesia dalam rangka pemenuhan program 4 tahun ke depan. Sejumlah 13 slide presentasi dipaparkan, yakni Kemakmuran Hijau, Kesehatan dan Nutrisi Berbasis Masyarakat untuk Mengurangi Anak Pendek dan Modernisasi Pengadaan. Selain itu, presentasi juga diisi oleh program cross cutting program, yaitu gender dan sosial serta pemenuhan persyaratan lingkungan ESMS. Pengadaan, Komunikasi, Legal dan Keuangan juga turut memberikan paparan. Setiap presentasi dibawakan langung oleh masing-masing direktur sehingga penjelasan diperoleh secara akurat dan detil


Setiap tema yang dipresentasikan, menggugah pertanyaan demi pertanyaan yang pada intinya memerlukan sinkronisasi antar bidang pada perjalanan Program Hibah Compact 4 tahun mendatang. Misalnya mengenai strategi komunikasi yang dibawakan oleh Direktur Komunikasi, Farah Amini, yang menjelaskan mengenai protokol informasi dan media MCA-Indonesia mengundang pertanyaan dari sisi Program Kesehatan, karena masing-masing juga telah memiliki desain program komunikasi tersendiri. Bagian paling menarik adalah dari sisi pengadaan yang dibawakan oleh Direktur Pengadaan, Indrajit Kartorejo. Pada sesi tersebut, Indrajit menjelaskan mengenai peran pengadaan dalam keseluruhan proyek, mulai dari persiapan TOR, pemilihan metode pengadaan, persetujuan MWA dan MCC, serta timeframe pengadaan yang akan dikemas dalam sebuah General Procurement Notice (GPN) per 6 bulan.  Indrajit juga menjelaskan menganai tujuan dari setiap pengadaan yang diajukan agar kebutuhan dan permintaan personil/konsultan yang diharapakan dapat sesuai dan tepat waktu. 


Dalam acara tersebut, Satker Pengelola Hibah MCC ikut mengingatkan mengenai capaian program yang harus sinkron dengan target realisasi pencatatan hibah MCC dalam DIPA, sehingga target tahunan yang akan direalisasikan dalam pencatatan hibah tidak jauh meleset. Untuk pelaksanaan tersebut, Satker Pengelola Hibah MCC siap untuk senantiasa berkoordinasi dan mendukung aktivitas MCA-Indonesia, demi terlaksananya program hibah untuk kemakmuran bangsa Indonesia (MA/LM).

No comments:

Post a Comment