Pages

Labels

Monday, January 13, 2014

SELAMAT TAHUN BARU 2014, BERPACU DENGAN KUDA KAYU




Tahun 2013 sudah kita lalui, 365 hari yag penuh dengan perjuangan, suka dan duka dalam menjalankan pendampingan dan persiapan proyek Hibah Compact MCC terlewati. Alhamdulilah akhirnya pelaksanaan kegiatan di Satuan Kerja Pengelola Hibah MCC  di Tahun 2013 telah dilaksanakan sesuai rencana, yaitu dalam rangka mendukung penyusunan dokumen persyaratan untuk Entry Into Force.  Selain itu, dalam tahun 2013 juga dilaksanakan diskusi dengan stakeholders dan kunjungan lapangan di beberapa Kabupaten.


Majalah Compact merupakan salah satu media untuk mensosialisasikan proyek yang dibiayai oleh Hibah MCC. Majalah ini diterbitkan setiap 3 bulan sekali atau 4 volume dalam tahun 2013. Sasaran pembaca yaitu Kementerian/ Lembaga, Pemerintah Daerah, Kedutaan Besar serta Lembaga Swadaya masyarakat. Diharapkan lambat laun masyarakat akan mengetahui adanya program compact di Indonesia. 


Millennium Challenge Expo juga telah diselenggarakan oleh Satker pengelola Hibah MCC pada tanggal 18-20 Oktober 2013 di JCC Jakarta. Acara ini juga ditujukan untuk mensosialisasikan serta sebagai sarana diskusi dengan stakeholders dan masyarakat umum tentang program compact. 


Di bidang administrasi, Hibah MCC yang merupakan hibah langsung, yaitu pembayaran dana kepada kontraktor atau vendor atau konsultan dibayarkan langsung oleh US Treasury. Hibah MCC tidak dimasukkan dalam DIPA 2013. Adapun fungsi DIPA hanya mencatat atau melakukan pengesahan pengeluaran hibah yang dilakukan oleh US Treasury dan pengeluaran dana yang tersimpan di Rekening MCA-Indonesia di Bank Rakyar Indonesia. Pengesahan hibah MCC dilaksanakan berdasarkan PMK No.124/2012 tentang Mekanisme Pengelolaan Hibah MCC dan PMK No.191/2011 tentang Sistem Akuntasi Hibah dalam bentuk Surat Pengesahan Hibah Langsung (SPHL). Selain itu, aplikasi penggantian pajak juga telah dilakukan oleh Satker Pengelolah Hibah MCC.


Harapan kami tahun 2014, semoga koordinasi antara Satker Pengelola Hibah MCC Bappenas dengan MCA-Indonesia semakin bagus dan erat.  Diharapkan juga pelaksanaan penggantian pajak melalui APBN serta regulasi pencatatan Asset Hibah juga sudah diundangkan oleh kementerian Keuangan. Dengan kata lain semoga  pelaksanaan program compact tidak ada halangan dan hambatan serta didukung oleh regulasi yang jelas dan mudah dilaksanakan sampai pelaksana tingkat desa. 


Dengan semangat kerja keras tahun kuda kayu, pada tahun 2014 semoga ketiga jenis proyek  yang akan dibiayai melalui program compact dapat dilaksanakan.  Koordinasi antara Unit Pelaksana Program (UPP) dengan Unit Pendukung KPA (UPK) pun semakin solid dan sinergi dalam pelaksanaan program compact sampai closeout (LM/MA).

No comments:

Post a Comment