Pages

Labels

Thursday, January 16, 2014

Sekilas tentang Puslitbangkim Bandung



Pusat Penelitian dan Pengembangan Permukiman atau lebih dikenal dengan Puslitbangkim adalah salah satu dari empat institusi penelitian dan pengembangan dibawah Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum. Institusi lainnya adalah P3SDA, P3 Jalan dan Jembatan, P3 Permukiman dan P3 Sosial Ekonomi dan Lingkungan. Lembaga ini berfungsi melaksanakan penelitian dan pengembangan serta penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang permukiman.

Sampai saat ini, Puslitbangkim telah melakukan berbagai penelitian di bidang permukiman, pengembangan teknologi bangunan dan lingkungan permukiman, standardisasi dan pengujian. Berbagai produk keluaran Puslitbangkim telah banyak dimanfaatkan dalam pembangunan, baik oleh pemerintah, swasta maupun masyarakat. Untuk meningkatkan profesionalisme, Puslitbangkim terus menjalin kerjasama dengan berbagai pihak yang memiliki kepentingan yang sama seperti perguruan tinggi, organisasi penelitian dan institusi pengembangan lainnya, baik swasta maupun pemerintah yang ada di dalam dan luar negeri.


Lembaga ini berfungsi menyusun kebijakan teknis, rencana dan strategi penelitian, pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta penyelidikan dan pengkajian di bidang permukiman. Puslitbangkim menyiapkan, merumuskan, dan melakukan evaluasi standar, termasuk pedoman, dan manual di bidang permukiman. Pemantulan, evaluasi dan pelaporan tugas penilitan, pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi serta penyelidikan dan pengkajian di bidang permukiman juga dilakukan oleh Puslitbangkim.

Pelaksanaan Puslitbangkim meliputi pengembangan sumber daya manusia dan sarana ke-litbang-an di bidang permukiman; Pelaksanaan administrasi meliputi ketatausahaan, keuangan, kerumahtanggaan, arsip dan dokumentasi, pengelolaan barang milik negara, kepegawaian, organisasi dan tata laksana,kerja sama,serta komunikasi dan informasi publik. Selain itu, dilakukan juga pemberian dukungan yang di perlukan bagi penyelanggaraan perusahaan, pemanfaatan, dan pemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (HR/LM/MA).

No comments:

Post a Comment