Pages

Labels

Monday, February 3, 2014

Satker Eratkan Silaturahmi dengan Tim Pendukung di Bappenas


Keberhasilan Satuan Kerja (Satker) Pengelola Hibah MCC dalam pengelolaan sistem administrasi yang transparan dan akuntabel, mengantarkannya menjadi tolok ukur bagi pelaksanaan proyek sejenis. Satker Pengelola Hibah MCC didaulat menjadi benchmark, baik dari sisi pelaporan maupun kinerja. Prestasi atas kinerja tersebut tak lepas dari dukungan banyak pihak, terutama Bappenas dimana Hibah MCC bernaung. Sebagai bentuk terima kasih atas kerja sama yang baik, Satker Pengelola Hibah MCC menyelenggarakan acara silaturahmi dengan Bagian Verifikasi Anggaran dan Inspektorat Bappenas di Hotel Shangri La, Jakarta, Selasa (28/1/2014).

Penilaian atas kinerja Satker Pengelola Hibah MCC dilakukan secara internal oleh Tim Inspektorat Bappenas. Dari hasil penilaian tersebut, Satker Pengelola Hibah MCC dikukuhkan sebagai proyek dengan penyerapan hibah tertinggi dengan nihil temuan. Penyerapan yang berhasil dilakukan Satker Pengelola Hibah MCC mencapai 81,24% untuk Rupiah Murni (SP2D) dan 99,27% untuk Hibah Langsung (SPHL). Hasil tersebut lalu menempatkan Hari Kristijo, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Satker Pengelola Hibah MCC sebagai PPK Terbaik Tahun 2013.

Penilaian selanjutnya dilakukan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) sebagai lembaga yang mengaudit setiap penggunaan dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara. Satker Pengelola Hibah MCC menggunakan rupiah murni yang peruntukkannya sebagai dana pendamping dalam implementasi Program Compact. Hasil awal penilaian BPK menunjukkan administrasi yang dilakukan Satker Pengelola Hibah MCC masuk dalam kategori baik sehingga layak dijadikan sampling untuk pemeriksaan administrasi pada proyek sejenisnya. 


Kinerja Satker Pengelola Hibah MCC juga tak luput dari peran serta Bagian Verifikasi Anggaran yang berada di bawah koordinasi Biro Umum. Mulusnya alur administrasi berkat lancarnya proses pengajuan Surat Perintah Pembayaran (SPP) yang terlebih dahulu dilakukan pra-verifikasi dengan sangat teliti oleh bagian ini.

Dalam acara silaturahmi ini, PPK Satker Pengelola Hibah MCC, Hari Kristijo menyampaikan uraian kegiatan yang telah dilaksanakan selama tahun 2013, antara lain sosialisasi Program Compact melalui Millennium Challenge Forum & Expo, penerbitan Majalah Compact per kuartal, penyusunan Laporan Akhir Tahun dan penyerapan anggaran. Hari juga menjelaskan rencana penyerapan dana Hibah MCC untuk alokasi hibah luar negeri tahun 2014 sebesar Rp. 250.000.000.000,- dan rencana penyerapan dana hibah tahun 2014-2018 sebesar Rp. 5.548.908.796.443,-. Tahun 2014, Satker Pengelola Hibah MCC akan memfokuskan kegiatannya pada monitoring dan evaluasi Program Compact. Satker Pengelola Hibah MCC akan memberikan dukungan operasional terhadap Kuasa Pengguna Anggaran Satker Pengelola Hibah MCC dan Lembaga Wali Amanat MWA MCA-Indonesia. Selain itu, tahun 2014 Satker Pengelola Hibah MCC akan tetap melakukan pengesahan Surat Perintah Hibah Langsung (SPHL) dan reimbursement pajak serta membuat pengadministrasian Rupaih Murni menjadi lebih baik. “Hal yang paling penting, Satker Pengelola MCC akan memberikan dukungan pada pencapaian opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Bappenas” kata Hari. (LM/DP)

No comments:

Post a Comment