Pages

Labels

Friday, September 12, 2014

Inklusivitas Gender dalam Proyek Kesehatan MCA-Indonesia



Kesetaraan gender dalam konteks pembangunan di Indonesia merupakan kondisi yang menunjukkan ketiadaan diskriminasi berdasarkan jenis kelamin atas dasar kesempatan, alokasi sumber daya atau manfaat dan akses terhadap pelayanan publik ataupun pembangunan. Kebijakan pembangunan Indonesia meletakkan kesetaraan gender sebagai hal yang sangat penting. Hal ini ditunjukkan dengan adanya kebijakan Pengarusutamaan Gender (PUG). Untuk melihat perkembangan kesetaraan gender, United United Nations Development Programme (UNDP) memperkenalkan Indeks Pembangunan Gender (IPG), yang memperlihatkan Indeks Pembangunan Manusia berdasarkan jenis kelamin dan Indeks Pemberdayaan Gender (IDG) untuk menunjukkan persamaan peran antara perempuan dan laki-laki dalam pengambilan keputusan di bidang politik maupun manajerial. 

Indeks Pemberdayaan Gender (IDG) dilihat dari sisi keterwakilan perempuan dalam parlemen; perempuan sebagai tenaga professional, teknisi, kepemimpinan dan tata kelaksanaan serta sumbangan pendapatan. Namun hal ini sedikit berbeda dengan PUG pada Proyek Kesehatan dan Gizi Berbasis Masyarakat untuk Mengurangi Anak Pendek MCA-Indonesia. Pemicuan isu gender diberikan kepada kaum pria agar terlibat secara aktif dalam proses pengasuhan dan pemeliharaan bayi atau anak. Suatu hal yang boleh jadi gambaran pada masyarakat Garut, tampak pada pelatihan penimbangan bayi muncul seorang bapak dan anak balita yang bertindak sebagai voluntir dalam acara tersebut. 

Sebuah apresiasi tinggi yang patut diberikan kepada sang bapak yang telah berani ikut bersama rombongan kaum perempuan dan ikut berpartisipasi mensukseskan Program Pelatihan Pemberian Makan Bayi dan Anak (PMBA) untuk Bidan Desa di Kabupaten Garut, 8 – 10 September 2014. Semoga hal ini akan terus berlanjut dan menjadi trend positif dalam konteks kepedulian kaum laki-laki kepada pengasuhan bayi serta kampanye gender di lingkungan Proyek Kesehatan. (MA/LM)

No comments:

Post a Comment