Pages

Labels

Wednesday, September 3, 2014

Satker Pengelola Hibah MCC Mulai Siapkan Laporan Akhir Tahun



Tahun 2014 belum usai, tapi Tim Satker Pengelola Hibah MCC sudah memulai langkah untuk segera menyusun Laporan Akhir Kegiatan Tahun 2014 yang merupakan kompilasi tujuan dan capaian kegiatan selama tahun 2014. Konsinyering bersama seluruh staf Satkter Pengelola Hibah MCC khusus diadakan untuk membahas garis besar bentuk laporan yang akan disajikan kelak. Bertempat di Hotel Horison Bogor, Tim Satker Pengelola Hibah MCC membahas hal ini dari tanggal 28-30 Agustus 2014. Gagasan demi gagasan dirangkai untuk membuat format yang berbeda dengan laporan tahun sebelumnya. Bentuk laporan disepakati akan mengetengahkan perpaduan antara konsep profil utuh Satker Pengelola Hibah MCC secara kelembagaan dan dokumentasi digital sepak terjang Satker Pengelola Hibah MCC selama 3 tahun berdiri. Isi laporan sendiri akan mengetengahkan capaian-capaian yang telah diraih, baik oleh Unit Pendukung Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) maupun Unit Pelaksana Program (UPP) MCA-Indonesia. 

Dalam Laporan Akhir Tahun 2014 nanti akan diisi dengan hasil seluruh kegiatan perjalanan dinas selama tahun 2014. Tahun ini, Satker Pengelola Hibah MCC telah banyak melakukan perjalan dinas dalam upayanya mendukung kegiatan 3 proyek dalam Program Compact. Tahun kedua sejak ditandatanganinya Entry Into Force, implementasi dari seluruh program semakin meningkat. Untuk itu, banyak hal yang menjadi catatan penting dari perjalanan dinas yang menarik untuk disajikan dalam Laporan Akhir Tahun 2014. Laporan Akhir Tahun 2014 juga akan memuat hasil rapat konsinyering dengan berbagai pihak. Selama tahun 2014, begitu banyak isu penting yang harus dibahas secara marathon. Contohnya pembahasan Annual Work Plan MCA-Indonesia, identifikasi Unit Layanan Pengadaan (ULP) di berbagai daerah hingga pembahasan internal Satker Pengelola Hibah MCC sendiri.

Satker Pengelola Hibah MCC dalam beberapa tahun masa kerjanya selalu mendapatkan predikat baik dari sisi pengelolaan keuangan. Hasil audit dari Badan Pemeriksa Keuangan dan Inspektorat Bidang Administrasi Umum Bappenas mengindikasikan Satker Pengelola Hibah MCC dapat menjadi acuan dalam pengelolaan proyek sejenis. Kinerja yang cemerlang ini telah berhasil mengantarkan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Satker Pengelola Hibah MCC, Hari Kristijo sebagai PPK Terbaik Tahun 2012 dan 2013 di Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas. Hasil laporan pengelolaan keuangan selama tahun 2014 akan memenuhi bab khusus dalam laporan ini, mencakup pelaporan keuangan yang bersumber dari DIPA APBN dan hibah luar negeri. 


Kinerja Unit Pelaksana Program (UPP) MCA-Indonesia sebagai partner dalam implementasi Program Compact akan dilaporkan secara transparan. UPP bersama Satker Pengelola Hibah MCC dan Implementing Entity telah menyusun laporan secara berkala dalam format bulanan, triwulanan dan tahunan. Laporan tersebut akan dimuat dalam Laporan Akhir Tahun 2014 Sakter Pengelola Hibah MCC. Hal lain yang akan dilaporkan seputar kegiatan komunikasi dan publikasi Program Compact, pembelajaran terbaik (lesson learned) dan hasil capaian penting lainnya. 

Meskipun Unit Pendukung KPA Satker Pengelola Hibah MCC tidak langsung mengelola kegiatan, namun patut untuk dicatatkan dalam sebuah laporan yang komprehensif, dampak signifikan dalam mempercepat kegiatan dan implementasi di lapangan, khususnya dalam sisi birokrasi pemerintahan. “Ini merupakan laporan yang akan menjadi bentuk pertanggungjawaban kegiatan Satker kepada publik yang telah menggunakan anggaran dari APBN” tegas Hari dalam pembahasan tersebut. Selanjutnya, konsep ini akan diolah dan diejawantahkan dalam bentuk fisik pada Bulan Desember 2014. (LM/MA)

No comments:

Post a Comment