Pages

Labels

Friday, September 5, 2014

Kunjungi Posyandu di Cipeundeuy, Deputy VP MCC Makin Bersemangat pada Program Stunting




Pelayanan kesehatan di Posyandu Manggis, Rabu (3/9/2014) terlihat sangat spesial. Hal ini karena Posyandu yang terletak di Desa Nyenang, Kecamatan Cipendeuy, Kabupaten Bandung Barat kedatangan Deputy Vice President for Sector Operations MCC, Cindy Huang beserta tim. Kedatangan Huang ke Posyandu Manggis merupakan salah satu agenda lawatan singkatnya ke Indonesia. Dalam kunjungan tersebut, Huang didampingi oleh Tim MCC yaitu Director of Communications Melanie Roe, Associate Director, Finance, Invesment and Trade Sarah Crawford, Director Human and Community Development Michelle Inkley, Consultant of Public Sector Partnership Jessica Ernst, Resident Country Director Troy Wray, Deputy Resident Country Director Martha Bowen, Institutional Development Coordinator Andy Pradjaputra. Turut dalam rombongan Tim MCA-Indonesia dan Satker Pengelola Hibah MCC. 

Kader Posyandu Manggis dan masyarakat menyambut gembira kedatangan Tim MCC, MCA-Indonesia dan Satker Pengelola Hibah MCC. Kedatangan Huang ke Posyandu Manggis untuk melihat langsung pelayanan kesehatan berupa penimbangan berat badan anak, pengukuran tinggi badan dan konsultasi masalah gizi yang lazim dilakukan. Tak hanya itu saja, Huang menyaksikan langsung proses penyuluhan kesehatan yang dilakukan Kader Posyandu. Kegiatan yang dilakukan di posyandu ini merupakan bagian dari program kerja Proyek Kesehatan dan Gizi Berbasis Masyarakat untuk Mengurangi Anak Pendek (Stunting).

Dalam kesempatan dialog dengan para Kader Posyandu dan masyarakat setempat, Huang menyampaikan rasa gembiranya dapat berada di tengah masyarakat yang sedang mendapatkan pelayanan dari Kader Posyandu terlatih. “MCC mendukung penuh kegiatan ini” kata Huang bersemangat. Walaupun kegiatan Posyandu ini dilakukan di tempat yang sederhana, namun tidak menyurutkan kinerja para Kader Posyandu dalam memberikan pelayanan terbaik. “Kami ingin diberikan tempat seperti sekretariat yang tetap untuk kegiatan Posyandu dan menyimpan semua peralatan ini” ujar salah seorang kader. Selama ini, kegiatan pelayanan Posyandu dilaksanakan di rumah-rumah masyarakat secara bergiliran. Belum ada tempat yang dikhususkan untuk melakukan kegiatan pelayanan Posyandu. 

Masih di Desa Nyenang, Huang dan tim melihat kondisi fasilitas Mandi Cuci Kakus (MCK) yang dipergunakan masyarakat sehari-hari. Sanitasi di desa ini terbilang baik dengan adanya bantuan dari Pemerintah Belanda. Huang menyempatkan berdialog dengan penduduk desa mengenai kondisi sanitasi, kesehatan warga dan kendala yang dihadapi dalam bidang kesehatan.

Untuk melengkapi informasi bidang kesehatan di Jawa Barat, tim menemui Kepala Bidang Bina Pelayanan Kesehatan Propinsi Jawa Barat, dr. Rr. Endang Noersita D, MPH. Dari diskusi tersebut, tim mendapatkan banyak masukan tentang pelaksanaan pelayanan kesehatan yang telah dilakukan pemerintah daerah selama ini. Huang juga meminta dukungan Pemerintah Daerah Jawa Barat melalui Dinas Kesehatan untuk membantu pelaksanaan Program Compact terutama dalam implementasi Proyek Kesehatan dan Gizi Berbasis Masyarakat untuk Mengurangi Anak Pendek. (LM/WP)


No comments:

Post a Comment