Pages

Labels

Sunday, April 13, 2014

Komitmen Satker Pengelola Hibah MCC dalam Pengarus-utamaan Gender (PUG) Melalui Data Terpilah Penyelenggaraan Rapat



Menyadari pentingnya isu gender dalam pengelolaan Program Compact, maka Satker Pengelola Hibah MCC merealisasikan komitmen untuk Pengarus-utamaan Gender (PUG) dengan melakukan pemilahan data kehadiran rapat berdasarkan jenis kelamin. Dengan demikian, Satker Pengelola Hibah MCC dapat melakukan rekapitulasi kehadiran perempuan dalam setiap rapat yang diselenggarakan oleh Satker Pengelola Hibah MCC untuk memperoleh indikasi partisipasi perempuan. 

Kehadiran individu dalam rapat dapat menunjukkan kemungkinan partisipasi secara deskriptif dan substantif. Di sisi lain, kehadiran individu dalam hal ini perempuan, memberikan proses pembelajaran pada seluruh peserta rapat dan memberikan peluang pengaruh diakomodasinya kebutuhan atau kepentingan perempuan.

Jenis rapat yang diselenggarakan oleh Satker Pengelola Hibah MCC dapat dibedakan berdasarkan status peserta rapat sebagai berikut :

a. Rapat Majelis Wali Amanat (MWA)

Rapat MWA adalah rapat yang diselenggarakan oleh Satker Pengelola Hibah MCC bagi kebutuhan MWA, baik yang bersifat pleno maupun yang bersifat adhoc. Peserta rapat, selain anggota MWA juga dimungkinkan pihak lain sesuai dengan kepentingan rapat

b. Rapat Tim Teknis

Rapat Tim Teknis adalah rapat yang diselenggarakan oleh Satker Pengelola Hibah MCC untuk mendukung pelaksanaan Program Compact, yang pesertanya berasal dari Bappenas, Kementerian Keuangan dan kementerian/lembaga terkait sesuai dengan Surat Keputusan Tim Koordinasi Program Compact yang diterbitkan oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas. Peserta rapat juga termasuk dari lembaga terkait lainnya sesuai dengan kebutuhan rapat

c. Rapat Satker Pengelola Hibah MCC

Rapat Satker Pengelola Hibah MCC adalah rapat yang diselenggarakan oleh Satker Pengelola Hibah MCC untuk mendukung pengelolaan Program Compact oleh Kuasa Pengguna Anggaran (KPA)/Ketua MWA, di mana pesertanya berasal dari Unit Pelaksana Program (UPP) dan Unit Pendukung KPA, khususnya untuk penyiapan penerbitan Majalah Compact. Peserta rapat juga termasuk dari lembaga terkait lainnya sesuai dengan kebutuhan rapat 

Satker Pengelola Hibah MCC mulai melakukan pemilahan data kehadiran rapat berdasarkan jenis kelamin mulai tahun anggaran 2014. Selama periode Januari – Maret 2014, Satker Pengelola Hibah MCC telah menyelenggarakan 3 jenis rapat tersebut sebanyak 35 kali rapat, dengan rincian sebagaimana tabel berikut:


Tabel Rincian Penyelenggaraan Rapat Satker

No.
Jenis Rapat
Jumlah Rapat
Tingkat Kehadiran Perempuan
< 20%
20% - 30%
>30%
1.
MWA
14
2
4
8
2.
Tim Teknis
18
6
7
5
3.
Satker
3
1
1
1
Total
35
9
12
14



Berdasarkan tabel tersebut, terdapat kecenderungan kehadiran perempuan yang relatif tinggi. Dari 35 kali penyelenggaraan rapat, terdapat 26 rapat dengan persentase peserta perempuan sebanyak 20% atau lebih. Bahkan terdapat 14 rapat dimana jumlah kehadiran perempuan lebih dari 30%.

MWA merupakan kelembagaan pengambilan keputusan Lembaga Wali Amanat MCA-Indonesia. Melihat kecenderungan kehadiran perempuan dalam Rapat MWA, maka peluang kepentingan dan aspirasi perempuan cukup besar untuk diakomodasi dalam proses pengambilan keputusan dalam MCA-Indonesia. 

Rapat Tim Teknis lebih bersifat penyiapan materi pengambilan keputusan oleh MWA, sehingga representasi perempuan dalam rapat Tim Teknis juga membuka peluang besar bagi kepentingan dan aspirasi perempuan untuk diakomdasi dalam proses penyiapan materi pengambilan keputusan MCA-Indonesia.

Sedangkan Rapat Satker Pengelola Hibah MCC lebih banyak membahas mengenai penyiapan dan penerbitan Majalah Compact, yang diterbitkan oleh Satker Pengelola Hibah MCC dalam periode 4 bulan sekali. Dalam 2 kali rapat, jumlah perempuan yang hadir 20% lebih dari total 3 kali rapat yang diselenggarakan Satker Pengelola Hibah MCC. Hal ini juga mendorong materi gender memperoleh porsi yang memadai dalam penerbitan Majalah Compact Edisi 5.

Data ini menunjukkan hasil awal dari komitmen Satker Pengelola Hibah MCC untuk mendorong Pengarus-Utamaan Gender dalam Program Compact melalui implementasi data terpilah gender dari kegiatan Sekretariat Satker Pengelola Hibah MCC. 




Arief Setyadi
Tenaga Ahli Sosial Gender dan Pemberdayaan Masyarakat

No comments:

Post a Comment