Pages

Labels

Monday, April 28, 2014

PNPM MPd Generasi Dapatkan Tambahan Grant dari MCC untuk Penanggulangan Stunting




PNPM Mandiri Pedesaan (MPd) Generasi mendapatkan tambahan grant dari Millenium Challenge Coorporation (MCC) yang diberikan melalui MCA-Indonesia untuk 3 lokasi di provinsi baru dan semua tempat di lokasi lama tahun 2014 ini untuk kegiatan Proyek Kesehatan dan Gizi Berbasis Masyarakat untuk Mengurangi Anak Pendek (KGBM). Hingga kini, total lokasi PNPM MPd Generasi Tahun Anggaran 2014 menjadi 11 provinsi 64 kabupaten dan 499 kecamatan. Sebelumnya, di tahun 2013 lokasi PNPM MPd Generasi telah dilaksanakan pada 8 provinsi, 42 kabupaten dan 369 kecamatan. Adapun provinsi yang menjadi lokasi Proyek KGBM yaitu Jawa Barat, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Utara, Gorontalo, Maluku dan 3 tambahan provinsi baru yaitu Sumatera Utara, Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah.

Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kementerian Dalam Negeri, Nata Irawan ketika membuka secara resmi acara PNPM Workshop Sosialisasi dan Rapat Kerja Nasional PNPM Mandiri Pedesaan (MPd) Generasi Tahun Anggaran 2014 di Hotel Golden Boutique Hotel, Senin (28/04/2014). Acara ini dihadiri lebih dari 300 orang yang berasal dari kementerian/lembaga di tingkat Pusat, lembaga donor, perwakilan Bappeda dan Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa tingkat provinsi dan kabupaten lokasi PNPM Generasi dan Konsultan Pendamping PNPM Generasi tingkat nasional, provinsi dan kabupaten. PNPM Generasi merupakan salah satu program pemerintah dalam rangka penanggulangan kemiskinan guna mendukung pencapaian target Millenium Development Goals (MDG’s) di bidang kesehatan dan pendidikan, guna menggerakkan dan menyadarkan masyarakat akan pentingnya peningkatan akses Kesehatan Ibu dan Anak serta Pendidikan Dasar.

Tahun Anggaran 2014 ini, PNPM Generasi melakukan penajaman terkait dengan kegiatan Bidang Kesehatan dan Bidang Pendidikan, yaitu intervensi 1000 Hari Pertama Kehidupan (100 HPK) dan layanan pendidikan dasar termasuk bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Penajaman juga dilakukan untuk Kesetaraan Gender dalam kegiatan Bidang Kesehatan dan Pendidikan. Dengan adanya penajaman tersebut, maka ada beberapa perubahan dan penambahan indikator keberhasilan program, yaitu indikator Bidang Kesehatan yang semula 8 indikator menjadi 10 indikator dan indikator Bidang Pendidikan yang semula 4 indikator menjadi 2 indikator.

Workshop Sosialisasi dan Rapat Kerja Nasional PNPM Generasi berlangsung tanggal 28-29 April 2014, diikuti oleh peserta dari 11 provinsi dan 64 kabupaten, guna membangun kesepahaman antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah. Workshop ini juga menjadi ajang sosialisasi konsep, strategi, kebijakan dan mekanisme pelaksanaan program serta persiapan pelaksanaan PNPM MPd Generasi Tahun Anggaran 2014 khusus di 3 lokasi baru PNPM MPd Generasi.

Adapun target yang ingin dicapai dalam workshop ini yaitu (1)Tersosialisasikannya konsep dan strategi, kebijakan dana mekanisme PNPM MPd Generasi; (2) Tersosialisasikannya Petunjuk Teknis Operasional (PTO) PNPM Mandiri Perdesaan Generasi Sehat dan Cerdas; (3) Tersosialisakannya Peraturan Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor PER-63/PB/2010 tanggal 21 Desember 2010 tentang Petunjuk Pelaksanaan Pencairan Dana HIBAH IBRD No.TF-097410 (PNPM Support Facility Trust Fund (PSF) – PNPM MPd Generasi Project); (4)Tersosialisakannya Peraturan Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor PER-48/PB/2013 tanggal 06 Desember 2013 tentang Petunjuk Pelaksanaan Pencairan Dana Hibah International Bank For Recontruction and Development No. TF-014769 (National Program for Community Empowerment in Rural Area-Healthy and Bright Generation – PNPM Generasi Project); (5) Tersosialisasikannya Petunjuk Teknis Pencairan dan Penggunaan Dana Urusan Bersama PNPM MPd Generasi Tahun Anggaran 2013 dan Tahun Anggaran 2014; (6) Tersosialisasikannya Konsep Grand Strategy 2013-2019 PNPM Mandiri Perdesaan Generasi Sehat dan Cerdas; (7) Tertandatanganinya Naskah Perjanjian Dekonsentrasi (NPD) dan Naskah Perjanjian Urusan Bersama (NPUB); (8) Kesepakatan bersama yang tertuang dalam Risalah Workshop Sosialisasi Persiapan Pelaksanaan PNPM MPd Generasi Tahun Anggaran 2014; (9) Rencana Kerja Tindak Lanjut pelaksanaan PNPM MPd Generasi.


Tim Proyek KGBM MCA-Indonesia terlibat sebagai fasilitator dalam workshop tersebut untuk memastikan materi Penguatan Penyedia Layanan Kesehatan (Proyek Kesehatan dan Gizi Berbasis Masyarakat untuk Menggurangi Anak Pendek) disosialisasikan kepada para pelaku PNPM Generasi. (AS/RA)

1 comment:

  1. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis
    sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
    kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
    Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
    1M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
    melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
    dengan KYAI SOLEH PATI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari
    saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI SOLEH PATI
    kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
    penarikan uang gaib 4Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
    dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 4M yang saya
    minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
    buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
    Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
    sering menyarankan untuk menghubungi KYAI SOLEH PATI Di Tlp 0852-2589-0869
    Atau Kunjungi Situs KYAI www.pesugihan-uang-gaib.blogspot.co.id/ agar di
    berikan arahan. Supaya tidak langsung datang ke jawa timur, saya sendiri dulu
    hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sangat baik, jika ingin
    seperti saya coba hubungi KYAI SOLEH PATI pasti akan di bantu Oleh Beliau

    ReplyDelete