Pages

Labels

Thursday, April 17, 2014

MENAKAR KEBERHASILAN PROGRAM : ARAH DAN TUJUAN AKTIVITAS MONITORING DAN EVALUASI HIBAH MCC






Kegiatan monitoring dan evaluasi merupakan bagian penting dari manajemen sebuah program. Kegiatan tersebut memenuhi tujuan-tujuan dari tiga aspek yaitu aspek kualitas, akuntabilitas, dan pembelajaran.  Dari sisi kualitas, kegiatan monitoring dan evaluasi memiliki tujuan untuk menyediakan data tentang kemajuan dan efektifitas program, meningkatkan proses manajemen program dan pengambilan keputusan. Dengan  melakukan kegiatan monitoring, pelaksana proyek dapat mengetahui sejauh mana mereka telah memenuhi tujuan-tujuan program, mengidentifikasi permasalahan di dalam eksekusi proyek dan melakukan tindakan perbaikan sesegera mungkin. Kegiatan evaluasi  berusaha memahami hubungan antara output dan outcome kegiatan dengan intervensi yang dilakukan program dan menyimpulkan apakah output dan outcome tersebut memang disebabkan oleh intervensi program, sehingga dapat dibuktikan bahwa program berjalan dengan efektif. 

Kegiatan monitoring dan evlasuasi dilakukan untuk memantau kemajuan pencapaian tujuan dan sasaran Program Compact dan evaluasi dampak, evaluasi kinerja proyek, serta studi khusus (special studies) dari Program Compact. Capaian program Monev MCA-Indonesia di tahun 2014 ini adalah sebagai berikut :

a)  Dokumen Monitoring & Evaluation Plan telah disetujui oleh MCC pada bulan Agustus 2013.
b) Telah disusun Indicators Tracking Table untuk system pengumpulan data indikator proses Program Compact.
c) Terkumpulnya profil kesehatan di dua provinsi baru sebagai dasar perencanaan program kesehatan dan gizi.

Sejatinya program monev dilakuan sebagai bagian dari kalibrasi terhadp tujuan dan capaian program. Namun dengan belum berjalannya kegiatan di lapangan yang dapat menunjukkan capaian program secara makro, maka beberapa rencana kegiatan yang dilakukan di tahun 2014 ini adalah sebagai berikut :

1.   Melakukan penyiapan technical assistance untuk:
a.  Baseline Survey Proyek Kesehatan.
b.  Pengumpulan data baseline untuk Proyek Kesehatan, Proyek Green Prosperity, dan Proyek Modernisasi Pengadaan.
2.   Mendukung asesmen baseline Proyek Modernisasi Pengadaan, termasuk kajian tambahan.
3.   Melakukan Evaluability Assesment untuk Proyek Green Prosperity.
4.   Melakukan Data Workshop dengan LKPP dan ULP.

No comments:

Post a Comment