Pages

Labels

Saturday, November 8, 2014

Titisan Seni di Atas Hamparan Ladang



Bentang alam bagi sebagian anak-anak merupakan inspirasi umum dalam membuat sebuah karya gambar atau lukisan. Sawah dan ladang juga merupakan bagian dari bentang alam yang dibuat manusia. Melintasi perjalanan kereta api dari Jakarta menuju Bandung, tentu gambaran bentang alam dengan topografi khas perbukitan nampak indah dipandang mata. Begitupun pemandangan sepanjang jalan tol di Italia. Pemandangan khas pedesaan dengan bentang alam ladang dan perkebunan membentang luas memanjakan mata. Sebuah pemandangan yang beda dibandingkan petak persawahan. Hal yang nampak jelas adalah luasan setiap petak (patch) ladang yang dikelola. Tampak sangat luas dan jarang sekali berukuran kecil.

Untuk ukuran negara di Eropa, Iklim di Italia sangat beraneka ragam. Hal ini dipengaruhi oleh bentuk semenanjung yang besar dan membujur yang sebagian besarnya bergunung-gunung. Di sebagian besar pedalaman utara dan tengah, iklim merentang dari subtropis basah sampai kontinental basah dan iklim lautan. Hal ini menyebabkan iklim di daerah tersebut menjadi ekstrim, beku di musim dingin dan terik di musim panas.


Wilayah pesisir dan sebagian besar Italia Selatan pada umumnya memiliki ciri khas iklim mediterania. Suhu rata-rata musim dingin bervariasi dari 0°C di Alpen sampai 12°C di Sisilia, sedangkan pada musim panas suhu bervariasi dari 20°C sampai 30°C atau lebih. Variasi ini terntu akan memberikan banyak potensi untuk pengembangan agrikultur di Italia. Sepanjang perjalanan dari kota Roma menuju Pisa, maka bentangan ladang akan banyak ditumbuhi oleh ladang gandum dan perkebunan olive (zaitun). Di beberapa tempat, dapat juga dijumpai perkebunan anggur. 

Meskipun musim dingin di wilayah tengah dan selatan tidak sampai bersalju, namun suhu di wilayah ini dapat mencapai 5-8oC. Kondisi ekstrim ini tidak memungkinkan untuk rumput dapat tumbuh dengan baik maupun ternak untuk keluar kandang. Secara turun temurun, masyarakat mensiasati dengan melakukan pemanenan jerami ataupun rumput kering sebagai bahan makanan ternak di musim dingin. Sebagian dari hasil panen rumput kering ini akan di jual juga ke daerah yang bersalju di musim dingin. Pemandangan hasil panen jerami merupakan pemandangan yang menarik. Gumpalan-gumpalan jerami kering membentuk pola tersendiri di atas hamparan ladang yang telah tercukur rapih. Gulungan jerami kering ini kemudian akan masuk kedalam gudang penyimpanan untuk keperluan mereka serta menunggu datangnya para pengumpul unuk kemudian dijual ke negara tetangga. (MA)

1 comment:

  1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    ReplyDelete